Siapa yang tidak suka makan sayuran hijau? Bagi yang kurang suka makan sayuran hijau ada alternatif lain nih untuk bisa menikmati sayuran hijau. Selain dimasak dengan cara biasa (ditumis atau direbus), sayuran juga bisa diolah menjadi jus lho.

Jus? Aneh ah rasanya. Pasti ada yang bilang begitu sambil pasang muka aneh 🙂 . Iya diolah jadi jus. Sayuran yang diolah jadi jus ini tetap gak menghilangkan vitamin yang dikandung malah lebih mudah dinikmati, tinggal glek.

Belakangan gw iseng minum jus hijau lagi. Biasanya sih gw hanya minum jus buah, kalaupun ada sayuran paling hanya jus wortel. Jadi ingat dulu pertama kalinya gw minum jus itu masih kecil banget. Waktu masih tinggal di Padang. Ceritanya bokap baru beliin juicer buat nyokap. Jadilah nyokap bereksperimen dengan juicer baru itu. Segala macam sayuran dan buah dijus. Korbannya? Ya gw dan abang gw hahaha. Paling mual itu pas disuruh minum jus bayam. Benar-benar jus bayam tanpa tambahan apapun. Itulah perkenalan pertama gw dengan jus sayuran hijau.

Nah sekarang (baru sekitar seminggu) gw kembali menenggak jus sayuran hijau. Asal muasalnya karena iseng googling di instagram. Tampilan jus sayurannya cantik banget dan di tuangkan ke gelas atau botol yang kece-kece juga. Malah botol bekas selai juga jadi wadahnya hehe. Tertarik untuk ngejus sayuran hijau lagi, gw sampai follow semua akun yang menampilkan jus hijau. Waah banyak ternyata, sampai detik gw mengetik tulisan ini, ada sekitar 254 ribuan foto jus hijau diunggah ke instagram. Resep-resepnya pun beragam. Ada untuk pemula sampai yang sudah terbiasa.

Bagi pemula kayak gw, pilih resep yang sederhana dulu. Misalnya bayam, brokoli, pok coy, apel hijau. Nah untuk rasa manis gw tambahin air jeruk medan. Sebenarnya sih jus sayuran tidak boleh dicampur dengan buah karena ada enzim yang berbeda yang mencernanya. Itu kan idealnya dan bagi yang sudah level atas lah ya, bagi pemula seperti gw, gw tetap bandel masukin buah. Buah yang gw campur juga cuma apel hijau dan jeruk medan kok. Pertama kali coba hasil racikan raw food chef wiana aneeehh.. hahahaa.. tapi gw tidak menyerah. Sorenya dan keesokannya gw tetap buat jus hijau lagi. Pernah suatu hari gw tambahin jahe lantaran banyak saran untuk menambahkan jahe agat lebih berenergi. Gw tambahin dong jahe sepanjang satu ruas jari. Hasilnya? Gw gak sukaaa, rasanya aneh dan pedas. Mending jahe diolah tersendiri (kalau ini sih selera ya).

Resep yang sering dipakai para penggila jus hijau itu biasanya bayam, kale, brokoli, timun, seledri, apel hijau. Khasiatnya ya macam-macam. Umumnya sih ada yang mencegah kanker, radikal bebas, kolesterol, menyehatkan sistem pencernaan, dan lain-lain. Bagus untuk kulit juga lho (info untuk para perempuan).

Kalau gw pribadi membiasakan diri minum jus dua kali sehari, kalau di instagram sih gw liat dalam sehari mereka bisa minum 5 botolan. Ada sih yang bertanya,

loe diet ketat sekarang?

. Gw sih gak diet ketat, gw masih makan daging merah tanpa lemak dan ikan kok, gw hanya ingin hidup sehat saja. Kalau istilah di instagram tuh eatclean.

Tunggu apalagi, mau sehat tapi malas makan sayur ya di jus saja 🙂

